7 Manfaat Mengkonsumsi Infused Water

Mateshwariprinters.com – infused water sangat populer dan nge – trend di kalangan muda hingga orang tua sebagai minuman yang berkhasiat sebagai detoksifikasi. Selain enak dan menyegarkan, cara membuat infused water terbilang praktis dan mudah. Minuman ini juga baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan dan elektrolit tubuh, serta mencegah dehidrasi. Cara membuat infused water juga tidak sulit dan hanya membutuhkan kesabaran ekstra.

Infused water adalah minuman yang terbuat dari buah maupun sayur yang direndam dalam air putih selama beberapa jam atau dibiarkan semalaman di kulkas. Tak hanya terasa menyegarkan saat diminum, infused water juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Apa aja sih manfaat infused water ?

Berbeda dengan jus, Infused water adalah air hasil rendaman buah-buahan, sayuran atau rempah-rempah dan tentunya tidak mengandung gula tambahan. Jenis minuman ini juga memiliki kandungan kalori yang mendekati nol.

Meskipun demikian infused water masih memiliki rasa dan nutrisi dari endapan buah, sayuran atau rempah di dalamnya. infused water mengandung sebagian zat gizi yang ada pada sayur, buah atau rempah – rempah yang di gunakan. Minuman ini juga diklaim dapat menurunkan berat badan, membantu proses detoks tubuh, hingga meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Adapun 7 manfaat lain dari Infused water seperti :

  1. Menurunkan berat badan

Infused water dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis dan minuman bersoda. Sehingga hal ini dapat membantu mengurangi asupan kalori harian dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

  1. Detoksifikasi

Infused water yang terbuat dari campuran buah-buahan, sayur atau rempah-rempah dikenal bermanfaat sebagai air detoks. Minuman ini diyakini bisa membantu proses pembuangan racun penyebab penyakit dari dalam tubuh.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Infused water yang merupakan air putih yang dicampur dengan buah-buahan, seperti delima, jeruk, lemon, kiwi dan stroberi, juga kaya akan antioksidan. Di mana kandungan antioksidan pada buah-buahan tersebut berkhasiat untuk menangkal efek radikal bebas yang dapat membuat kulit menjadi lebih cepat berkeriput dan menua.

     4.    Meningkatkan kesehatan pencernaan

Infused water dapat mengatasi dehidrasi, meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dan menjaga pergerakan usus tetap teratur. Dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan air, makanan akan lebih cepat diproses dan diserap nutrisinya oleh tubuh. Sebab, kurangnya asupan air dapat menyebabkan dehidrasi yang memicu terjadinya sembelit

     5.    Meningkatkan kekebalan tubuh

Campuran buah dan sayuran dalam infused water dapat memberikan nutrisi yang baik dan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mengonsumsi rutin infused water dengan kandungan vitamin C terbukti bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit jantung, radang sendi dan kanker.

  1. Alternatif untuk orang yang tidak suka air putih

Manusia perlu asupan air yang cukup untuk menjaga kelangsungan berbagai fungsi tubuhnya. Sehingga anda perlu minum sedikitnya 8 gelas air putih dalam sehari. Faktanya cukup banyak orang yang tidak suka minum air putih. Sehingga infused water bisa menjadi alternatif untuk orang yang tidak suka air putih. Sensasinya yang menyegarkan tanpa rasa manis berlebihan bisa membantu Anda minum lebih banyak dari biasanya.

  1. Cara sehat mendapatkan asupan vitamin

Dengan mengolah lemon, seledri atau bahan lainnya menjadi infused water, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat bahan-bahan tersebut tanpa harus mencicipi rasa yang kurang enak. Anda pun tidak akan kehilangan vitamin C dan vitamin B kompleks pada buah-buahan yang biasanya hilang karena larut dalam air. Sehingga dengan ini, khasiat infused water bantu penuhi angka kecukupan gizi.

.

 

Leave a Comment