Meningkatkan Penjualan Online Dengan Live Streamming

MateswariprintersBisnis semakin berkembang, tren di masyarakat pun berubah. Banyak orang terkoneksi secara digital sehingga hal tersebut dapat menjadi peluang baru untuk memasarkan product dengan live streaming.
Kita dapat memanfaatkan platform digital sebagai sarana menjangkau calon pembeli, namun tidak menguras waktu dan tenaga. Modal yang diperlukan pun hanya smartphone dan internet. Pemanfaatan platform digital pun dengan menggunakan media sosial ataupun e-commerce.
Saat ini Belanja secara online sudah bukan hal baru lagi, hal ini sudah menjadi kebiasaan umum yang biasa terjadi. Orang – orang akan mencari informasi sebelum membeli produk apa pun, termasuk produk anda.
Dari sisi bisnis menghadirkan pemasaran online dengan cara yang tepat adalah bagian dari perubahan sebagai wujud dari bentuk penyesuaian diri terhadap perkembangan. Jaman sekarang calon pembeli lebih tertarik menonton video Live Streaming daripada membaca. Menurut penelitian 80% orang lebih suka menonton video secara langsung dari sebuah brand daripada membaca tulisan dari brand tersebut.
Jika anda belum pernah mencoba Live Streaming maka inilah kesempatan anda agar lebih dekat dengan konsumen. Platform live streaming kini jadi primadona sebagai alat promosi penting untuk mendorong konversi pesanan sekaligus menciptakan pengalaman live streaming demi meningkatkan interaksi pelanggan. Belanja ditambah konten live streaming dapat meningkatkan interaksi langsung antara merek dan konsumen. Selain itu penerapan live streaming yang kreatif tidak hanya berhasil menarik minat masyarakat, melainkan mitra bisnis untuk bergabung dalam berbagai platform live streaming sebagai tindakan mengikuti tren digital populer.

Kelebihan menggunakan live streaming untuk menarik perhatian konsumen memang perlu diketahui. Apalagi untuk anda yang ingin meningkatkan penjualan melalui digital marketing. dengan adanya fitur live streaming baik di sosial media, e-commerce maupun platform streaming kita bisa menikmati suatu konser atau jadi bagian dari sebuah acara hanya melalui internet yang terpasang di rumah ataupun di gadget kita.

Tidak sedikit brand – brand yang memperluas marketnya menggunakan fitur yang satu ini. Live streaming dijadikan sebagai alat promosi, pemasaran dan penjualan karena memang memiliki banyak kelebihan untuk menarik perhatian konsumen.

A.    Kelebihan Live Streaming

Ada 3 kelebihan live streaming yang akan kita bahas, sebagai berikut :

  1. Memberikan cara terkonseksi baru

Hal ini adalah cara terbaru untuk terkoneksi antara brand ke pengguna internet untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Melalui live streaming, pengguna bisa langsung bertanya atau memberi masukan ke pihak brand sehingga terjalin hubungan yang baik antara brand dan konsumen.

  1. Lebih mudah dan hemat biaya

live streaming tidak membutuhkan biaya yang besar karena bisa diakses hanya dengan smartphone dan tidak membutuhkan alat – alat yang mahal.

  1. Menjangkau banyak calon konsumen

Sebagian besar calon konsumen anda merupakan generasi milenial, maka memilih menggunakan live streaming untuk promosi produk anda sangat tepat. Karena kebanyakan generasi milenial banyak yang menggunakan dan menonton fitur live streaming ini.

B.   5 Cara Meningkatkan Penjualan dengan Live Streaming

Berikut ada 5 cara untuk meningkatkan penjualan dengan live streaming sebagai berikut :

  1. Mengenali target pasar untuk membuat konten yang menarik

Penjual harus mengenali karakter dari penonton atau target konsumennya agar bisa mengemas konten live streaming dengan menarik. Konten yang menarik sendiri yang di maksud adalah konten yang relevan dengan target konsumen dan produk yang menjual.

  1. Pilih waktu terbaik untuk siaran

Para penjual harus bisa mengidentifikasi waktu terbaik untuk siaran, misalnya saat tanggal gajian, mega-campaign, weekend, hingga jam pulang kerja

  1. Jadikan momen branding, bukan hanya jualan produk

Banyak penjual yang ogah menggunakan live streaming untuk berjualan karena keuntungan yang kecil. Namun perlu diketahui bahwa banyak penjual yang memberikan diskon besar – besaran demi menarik perhatian konsumen.

Sehingga hal ini bisa membuat laba menurun secara drastis. Mindset sekedar untuk meraih laba sebesar – besarnya saat livestreaming memang tidak salah, namun live streaming juga bisa dijadikan platform branding.

Jadi penjual tidak harus mengejar keuntungan penjualan, tapi juga bisa mendapatkan return of investment yang jelas dengan menganggap live streaming sebagai platform untuk branding agar bisa terus lebih dekat dan melibatkan konsumen.

  1. Strategi FOMO untuk mendorong penjualan saatlive streaming

Untuk mendorong penonton melakukan transaksi saat siaran langsung anda dapat menggunakan strategi fear of missing out (FOMO) dengan diskon besar – besaran hingga 50 persen. Strategi ini dilakukan untuk menciptakan urgensi bagi konsumen agar tidak melewatkan diskon besar – besaran ini dan membeli produk.

  1. Tingkatkan product knowledgepembawa acara

Tingkat pengetahuan produk atau product knowledge pembawa acara juga penting agar live streaming bisa menjadi alat pemasaran yang efektif. Dengan meningkatkan product knowledge yang tinggi, pembawa acara bisa memberikan edukasi terhadap suatu produk maupun mendorong terjadinya transaksi saat siaran berlangsung.

Product knowledge yang tinggi juga dapat mengurangi risiko terjadinya sesi yang kurang interaksi. Dengan interaksi tinggi, diharapkan live streaming dapat menjadi alat pemasaran yang efektif untuk menjangkau penonton secara instan.

Dalam beberapa menit, penjual dapat menarik perhatian penonton dengan membagikan informasi yang menarik dan menghibur mengenai brand dan produknya, memberikan sebuah pengalaman langsung bagi penonton, seperti layaknya pengalaman dalam toko fisik.

 

Leave a Comment