Tips Berdagang Dengan Shoppe

Mateswariprinters – Para pelaku bisnis sejatinta tidak cukup puas dengan hanya berjualan secara offline. Ada sebuah tips bagi para pemula yang ingin berjualan di shopee untuk mengembangkan bisnisnya. Dalam mengembangkan bisnismu agar laku keras, kamu perlu mengetahui cara berjualan di Shopee yang tepat untuk pemula.

Dewasa ini tren berjualan online semakin merambah dan banyak diminati oleh kebanyakan orang. Muncul banyak penjual baru di berbagai e-commerce terkenal seperti Shopee salah satunya. Ketika hendak berjualan secara online, kamu bisa menghemat biaya dan menekan modal usaha. Terlebih lagi kamu tidak perlu biaya tambahan untuk sewa toko, membayar listrik atau bahkan mencetak brosur dan katalog.

Semua yang di sebutkan di atas sudah bisa kamu lakukan dengan aplikasi Shopee. Terlebihlagi jika kamu ingin memasang iklan, biaya iklan yang dibutuhkan juga cukup terjangkau, kamu bisa pilih mana yang sesuai dengan kantong atau budget kamu.

Saat ini berbagai aplikasi media sosial juga dapat terhubung dengan Shopee. Bahkan sejak pandemic tren belanja online meningkat berkali – kali lipat. Terbatasnya kegiatan di luar rumah membuat banyak orang beralih untuk berbelanja kebutuhan harian secara online. Hingga sekarang berbelanja online nampaknya telah menjadi kebiasaan baru bagi banyak orang.

Maka Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh banyak penjual untuk membuka toko baru secara online di Shopee. Lalu bagaimana cara berjualan di shopee agar laku keras dan bisnis semakin berkembang pesat ? berikut deskripsinya :

Cara Jualan di Shopee

Adapun beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mulai berjualan di shopee, cara yang mudah dan cepat, yaitu :

  1. Buat akun Shopee dengan cara mendaftar melalui aplikasi Shopee atau melalui situs Shopee. Jika melalui situs, kamu bisa memilih “Mulai Jual” atau pilih “Seller Center”.
  2. Kamu bisa mendaftar dengan menggunakan akun Facebook, Google, Apple, atau klik “Daftar” untuk menggunakan nomor ponsel.
  3. Jika mendaftar menggunakan nomor ponsel, kamu perlu memasukkan nomor ponselmu kemudian melakukan proses verifikasi. Selanjutnya kamu bisa membuat password untuk akunmu.
  4. Kamu bisa mengubah username akunmu melalui menu “Setting” atau “Pengaturan Akun”.
  5. Lengkapi profil toko di Seller Center atau aplikasi Shopee.
  6. Atur alamat toko melalui Seller Center atau aplikasi Shopee.
  7. Atur opsi pengiriman toko melalui Seller Center atau aplikasi Shopee.
  8. Kamu bisa mengunggah produk, mengisi atribut produk, deskripsi produk, menambahkan foto produk, dan memilih jasa kirim. Pastikan kamu tidak menjual barang yang dilarang oleh Shopee.
  9. Ada banyak program dan kampanye di Shopee yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan pembeli.
  10. Setelah mendapat pesanan, kamu bisa mengemas dan mengirim produk kepada pembeli.
Kenapa Harus di Shopee?
Kenapa harus shoppe ? ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika berjualan di Shopee.
Apa saja keuntungannya? Mari kita bahas :
1.    Meningkatkan Penjualan
Keuntungan utama berjualan di Shopee adalah dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Bahkan, di Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara dengan pengguna aktif Shopee terbanyak. Banyaknya pengguna Shopee merupakan peluang yang sangat bagus untuk meningkatkan penjualan tokomu.
2.    Mendapat Pelanggan Baru
Bagaimana mendapat pelanggan baru merupakan tantangan bisnis terbesar, sebab untuk mendapat pelanggan baru dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Terkadang kamu perlu memasang iklan berbayar atau mencetak brosur baru.
Dengan berjualan di Shopee, kamu tidak perlu repot mencari pelanggan baru. Karena pelanggan lah yang akan mencari produkmu bahkan kamu bisa menjual produk ke siapa pun dan dari mana pun. Jangkauan  target pasar baru yang banyak dan luas tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk iklan dan promosi.
3.    Kemudahan Pengiriman Barang
Ketika kamu berjualan secara mandiri, ketika hendak mengirim pesanan pelanggan menjadi salah satu tantangan yang akan kamu hadapi. kamu perlu mengantarkan pesanan pelanggan ke ekspedisi logistik dan tentunya cukup memakan waktu.
Kamu juga harus menulis alamat pengiriman secara manual, tentunya rentan terjadi kesalahan penulisan. Dengan berjualan di Shopee, kamu bisa memilih opsi pengiriman untuk tokomu. Kamu juga akan mendapatkan kode pengiriman dan resi barang ketika ada pesanan masuk. Bahkan kamu juga tak perlu repot menghitung ongkos kirim, karena semuanya sudah diatur secara otomatis oleh sistem Shopee.
Tips Jualan di Shopee
Setelah mengetahui keuntungan dan cara jualan di Shopee, selanjutnya kamu juga perlu mengetahui beberapa tips ampuh agar jualanmu laku keras. Berikut tipsnya:
  • Riset kata kunci

Tulislah nama produk yang relevan dan paling banyak digunakan oleh penjual lain. Susun nama produk dengan rapi, kamu bisa menggunakan format ini “merk/nama toko – nama produk – detail produk (warna, ukuran, dsb)”.

  • Gunakan foto dan video asli

Sebab ketika berjualan online maka foto dan video produk menjadi hal pertama yang dilihat oleh pelanggan. Masukkan beberapa foto dan satu video produk. Pastikan produkmu terlihat dengan jelas.

  • Lengkapi deskripsi produk

Pastikan kamu menuliskan semua fitur, kelebihan, dan cara menggunakan produk. Kamu juga bisa menuliskan detail ukuran produk, syarat dan ketentuan, serta harga grosir.

  • Ikuti program atau kampanye Shopee untuk meningkatkan penjualan

Kamu juga bisa membuat promosi toko dengan memberikan diskon atau gratis ongkir. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berjualan secara grosir dan menjual paket bundling

Cara Menaikkan Produk Kamu di Shopee
Setelah kamu mulai berjualan di Shopee, kamu bisa coba cara agar produkmu cepat terjual salah satunya dengan cara menaikkan produk. Fitur menaikkan produk di Shopee ini bertujuan agar produkmu lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli.
Ada dua cara menaikkan produk di Shopee, yaitu melalui aplikasi dan seller centre. Jika melalui aplikasi, kamu bisa membuka laman “Produk Saya”, kemudian pilih tombol “titik tiga” yang ada di bawah produk. Selanjutnya, akan muncul opsi naikkan produk. Jika melalui seller centre, kamu bisa masuk ke Produk Saya dan menaikkan produk pada pilihan “lainnya”.
Perlu diingat, kamu hanya bisa menaikkan maksimal 5 produk sekaligus dan berlaku selama 4 jam. Artinya kamu baru bisa menaikkan produk lain setelah 4 jam.

Leave a Comment