Tips Memilih AC Supaya Gak Bikin Boros Listrik

Mateswariprinters – AC merupakan salah satu elektronik yang sangat familiar dan sudah banyak di gunaka tidak hanya di kantor – kantor saja, namun sebaian besar rumah tangga sudah sangat familiar dan menggunakan elektronik satu ini.

Air conditioner atau AC sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Sebab berada di iklim tropis, apalagi area perkotaan, kenikmatan udara sejuk dan nyaman dalam sebuah hunian menjadi dambaan.

Di Indonesia pada beberapa daerah yang kerap mengalami cuaca panas, banyak orang yang akhirnya memilih menggunakan AC di bandingkan kipas angin. Sebab, jika di bandingkan dengan kipas angina secara performa, AC lebih mampu mengusir udara panas daripada kipas angin.

Namun, untuk memilih AC supaya tetap hemat bukan perkara sepele. Dengan kecenderungan penggunaan dalam jangka waktu panjang, seperti pada waktu istirahat malam, AC jadi perangkat elektronik yang punya kontribusi tinggi pada tagihan listrik.

Jadi memilih AC untuk pemakaian sehari – hari itu tidak bisa asal. Karena, AC akan jadi barang elektronik yang sering dinyalakan supaya anda nyaman beraktivitas di ruangan. Maka anda harus  selektif saat membeli AC untuk rumah anda. Faktor terpenting saat memilih AC itu tentu saja harus yang hemat listrik.

Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana memilih air conditioner terbaik, perlu anda ketahui lebih dulu jenis AC yang ada di pasaran. Setidaknya ada tiga jenis AC yang paling banyak digunakan di Indonesia, antara lain; AC standar, low watt dan inverter.

AC standard memiliki harga lebih murah dan dapat mendinginkan dengan cepat. Namun konsumsi daya listrik cukup besar.

AC Low Watt memiliki daya lebih rendah sehingga tagihan listrik dapat lebih dihemat. Namun untuk mendinginkan ruangan butuh waktu lebih lama dibandingkan AC Standard. Kipas AC Outdoornya juga lebih berisik dibandingkan AC Standard

AC inverter cocok digunakan untuk penggunaan rutin dan dalam waktu lama. AC inverter dapat menyesuaikan daya yang digunakan dengan suhu ruangan. Harga AC Inverter lebih mahal dibandingkan dua tipe sebelumnya.

Jika anda sudah mengetahui jenis – jenis AC tersebut di atas, sekarang anda dapat pertimbangkan tips memilih AC yang cocok untuk kebutuhan anda, seperti :

  1. Hitung Daya Listrik

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menghitung daya listrik di rumah anda. AC membutuhkan konsumsi energi listrik yang cukup tinggi. Sehingga anda harus memastikan jika daya di rumah anda cukup untuk digunakan.

  1. Sesuaikan Luas Ruangan

Anda harus menyesuaikan luas ruangan yang anda miliki. Pastikan apakah PK atau daya kesejukan pendinginan yang ditawarkan oleh AC sesuai dengan ukuran ruangan yang akan didinginkan. Jika PK terlalu kecil, AC harus bekerja ekstra untuk mendinginkan ruangan. Sebaliknya, PK yang terlalu besar juga menyebabkan tagihan listrik menjadi membengkak.

Berikut ukuran PK AC rumahan yang umum digunakan:

AC 1/2 PK untuk ruangan 10 meter persegi

AC 3/4 PK untuk ruangan 14 meter persegi

AC 1 PK untuk ruangan 18 meter persegi

AC 1 1/2 PK untuk ruangan 24 meter persegi

AC 2 PK untuk ruangan 36 meter persegi.

  1. Pastikan Daya Listrik AC Rendah

Memilih AC dengan daya listrik yang rendah adalah langkah yang bijaksana untuk mengurangi tagihan listrik dan dampak negatif pada lingkungan. Perhatikan label energi pada AC sebelum membeli. Label ini memberikan informasi tentang tingkat efisiensi energi AC. Pilih produk dengan rating efisiensi terbaik (A, A+, atau A++) agar lebih hemat energi dan tidak menyebabkan kantung kering.

  1. Instalasi dan Perawatan

Instalasi yang tak sesuai prosedur akan mengakibatkan kerja AC lebih berat sehingga menurunkan efektivitas dan ketahanan AC. Misalnya, penempatan unit outdoor AC yang tak memadai dari sisi pembuangan panas atau penggunaan panjang pipa melewati batas maksimum pemipaan unit. Instalasi yang salah dalam kasus lebih buruk lagi, dapat menghilangkan garansi. Maka dari itu, pastikan teknisi yang melakukan instalasi adalah teknisi berpengalaman dan tersertifikasi. Jangan lupa juga soal perawatan berkala. Pada unit indoor terdapat filter udara dan heat exchanger yang akan tersumbat jika tidak dibersihkan dan dapat menyebabkan timbulnya berbagai masalah pada AC. Mulai dari kontrol suhu tidak mencukupi, kehilangan kapasitas, kebocoran air, kebisingan abnormal, konsumsi daya meningkat hingga 20 persen sampai terjadinya kerusakan spareparts. Tak hanya unit indoor, unit outdoor pun perlu dibersihkan supaya tidak terjadi perubahan pada siklus AC. Untuk pemakaian AC setiap hari, direkomendasikan agar melakukan perawatan setiap tiga bulan.

  1. Tanda Hemat Energi Bintang 5

Langkah terakhir cukup mudah untuk diterapkan, yaitu pilih AC yang memang teruji hemat energi. Terlebih, pemerintah telah menerapkan kewajiban penempelan stiker Tanda Hemat Energi untuk setiap AC yang beredar di Indonesia yang dilambangkan dengan bintang. Semakin banyak jumlah bintangnya, makin tinggi kemampuannya dalam penghematan energi. Peringkat teratas ditunjukkan dengan raihan lima bintang dalam stiker Tanda Hemat Energi ini.

Leave a Comment