Tips Mendaftar dan Berjualan di Shopee Bagi Pemula

Mateswariprinters – Bagi kamu yang ingin berjualan di Shopee kamu harus simak cara daftar Shopee berikut ini jika kamu ingin menjadi penjual di salah satu marketplace terbesar di Indonesia ini.
Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa shopee termasuk berad dalam ranking marketplace paling tinggi khususnya di Tanah Air. Bahkan berdasarkan riset dunia menyatakan bahwa Shopee menduduki peringkat pertama sebagai marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.
Melihat tingginya jumlah pengguna di Indonesia ini pun menjadi peluang yang sangat bagus bagi kamu untuk memanfaatkan platform Shopee sebagai tempat berjualan online kamu.
Namun sebelum hendak berjualan pastikan kamu harus sudah membuat akun Shopee terlebih dahulu yaa. Bagaimana caranya ? yuk kita bahas.
1.    Cara Daftar Shopee Sebagai Penjual
Ikuti langkah – langkah di bawah ini jika kamu ingin memulai berjualan di shoppe.
    • Download aplikasi Shopee melalui Google Play Storeatau App Store menggunakan handphone atau akses situs Shopee melalui https://shopee.co.id/ menggunakan komputer/laptop.
    • Klik “Daftar” dan masukkan nomor telepon, klik “Lanjut”. Selain menggunakan nomor telepon, kamu juga dapat mendaftar akun Shopee menggunakan akun Google, Facebook, atau Apple.
    • Lakukan verifikasi puzzle.
    • Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor telepon (OTP).
    • Atur kata sandi dan klik “Daftar”.
    • Akun Shopee seller kamu sudah selesai dibuat. Jangan lupa melengkapi informasi toko online 

 

2.    Tips Berjualan di Shopee
Jika akun toko online mu sudah siapa maka kamu sudah bisa mulai berjualan. Namun agar toko online kamu ramai dikunjungi dan mendapatkan lebih banyak penjualan, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini :
    • Ikut Flash Sale
Salah satu cara yang bisa kamu coba agar produk jualanmu di Shopee laris adalah dengan mengikuti flash sale. Hal Ini merupakan fitur promosi kilat yang bisa membantu kamu dalam meningkatkan penjualan. Banyak pembeli yang memburu produk impiannya melalui sistem flash sale karena harganya cenderung lebih murah.
Cara ini bisa membuat produk kamu lebih cepat terjual karena adanya batas waktu penawaran. Flash sale Shopee biasa berlangsung pada pukul 00.00-12.00 WIB, 12.00-13.00, 13.00-18.00 WIB, dan 18.00-00.00 WIB. Sehingga hanya selama tenggat waktu itulah pembeli bisa membeli produk.
Flash sale dinilai efektif untuk menjual produk sebab waktu penawaran yang terbatas bisa menciptakan rasa urgensi dalam benak pembeli. Mereka dapat merasa takut tertinggal atau kehabisan produk karena periode promosi yang terbatas sehingga biasanya akan membeli secepat mungkin.
    • Manfaatkan Fitur Top Picks
Kamu bisa memanfaatkan  fitur Top Picks yang di sediakan oleh shopee agar produkmu cepat terjual. Melalui fitur tersebut kamu dapat memilih 1 – 8 produk yang bisa direkomendasikan kepada pembeli.
Maka dengan begitu, pembeli yang mengunjungi toko online kamu di Shopee akan menemukan rekomendasi produk tersebut di tampilan paling atas. Penggunaan fitur Top Picks ini bisa membantu kamu dalam meningkatkan jangkauan dan konversi pengguna.
    •  Menawarkan Produk Bundle
Coba menawarkan produk bundle kepada pembeli. Pada fitur bundle deal ini kamu bisa menjual beberapa produk dalam satu paket. Kamu juga bisa memadupadankan beberapa jenis diskon untuk meningkatkan penjualan.
Sebagai contoh kamu menawarkan pembelian 2 produk untuk mendapatkan diskon 5%. Pada penawaran produk bundle biasanya akan lebih menarik minat pembeli karena harga jualnya menjadi lebih murah dibandingkan mereka membelinya secara terpisah.
    • Gunakan Voucher untuk Meningkatkan Penjualan
Shopee menyediakan berbagai voucher yang bisa membantu kamu dalam meningkatkan penjualan. Maka cobalah untuk memanfaatkan fitur ini agar pendapatan bisnismu lebih besar. Di Shopee ada dua pilihan voucher utama yang bisa digunakan oleh penjual:
§  Voucher produk untuk diskon produk tertentu.
§  Voucher toko yang hanya berlaku pada toko tersebut.
Kamu bisa memanfaatkan kedua voucher ini untuk mendorong pembeli membuat keputusan pembelian. Namun jangan lupa untuk membatasi jumlah pengguna dan periode atau batas waktu penggunaan voucher agar kamu tak merugi.
Selain itu Shopee biasanya menawarkan voucher gratis ongkos kirim dan cashback. Coba juga untuk menggunakan fitur ini agar semakin banyak orang yang berbelanja di toko online kamu.
    • Beri Harga Diskon
Semua orang menyukai diskon. Maka cobalah untuk memberikan potongan harga menarik pada produk yang kamu jual. Kamu bisa mengatur diskon untuk setiap produk yang diunggah dalam toko online di Shopee.
Namun kamu harus pastikan bahwa kamu sudah menghitung perkiraan keuntungan yang didapat setelah memberikan harga diskon pada produk. Jangan sampai kamu mengalami kerugian karena diskon yang berikan terlalu besar. Kamu juga perlu bijak untuk memberikan promo. Cobalah untuk memanfaatkan momen untuk memberikan diskon.
Misalnya, ketika waktu gajian, tanggal cantik, seperti 6.6, atau Harbolnas.
    • Tampilkan Visual Produk yang Berkualitas
Pastikan untuk mengunggah foto dan video produk berkualitas baik sehingga pembeli bisa memiliki gambaran jelas mengenai barang yang kamu jual. Fokuslah untuk menyorot visual produk kamu. Jadi, hindari untuk menggunakan terlalu banyak properti foto atau video. Tunjukkan juga cara penggunaan dan perawatan produk yang dijual sebagai edukasi pada pembeli.
    • Buat Deskripsi Produk yang Menarik
Tulislah nama produk dengan key word yang banyak dicari pembeli sehingga toko online kamu lebih mudah untuk ditemukan. Kemudian lengkapi deskripsi produk dengan spesifikasi barang dagangan kamu. Mulai dari ukuran, warna, berat, dan keterangan lainnya. Tambahkan pula manfaat dan cara perawatan produknya dengan lengkap.
Dengan membaca deskripsi produk, pembeli akan mengetahui apakah barang yang kamu jual sesuai kebutuhan mereka. Tidak perlu terlalu panjang, cukup tulis deskripsi dengan singkat dan jelas. Jadi, pembeli akan lebih yakin dalam berbelanja.
    • Aktifkan Sistem COD
Meski mayoritas platform jual beli online saat ini sudah memiliki sistem pembayaran yang beragam, tetapi masih banyak pembeli yang memilih untuk menggunakan sistem Cash on Delivery (COD).
Fitur ini biasanya digunakan oleh pembeli yang tidak memiliki rekening untuk melakukan pembayaran. Jadi mereka memutuskan untuk melakukan pembayaran di tempat saat pesanan tiba di alamat tujuan. kamu pun bisa memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan penjualan.
Sistem COD ini pasti akan sangat berguna bagi pembeli yang sulit membayar pesanan online. Kamu pun bisa memperluas jangkauan pasar dengan sistem COD. Namun kamu harus membuat kebijakan yang tepat agar tidak merugi.
    • Layani Pelanggan Sebaik Mungkin
Selama berjualan online di Shopee, pelayanan pelanggan juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Oleh karenanya pastikan kamu selalu melayani setiap pembeli dengan sopan dan ramah.
Jadilah pembeli yang cepat tanggap. Dengan menjawab seluruh pertanyaan pembeli secepat dan setepat mungkin. Ketika mereka mengalami kendala, pastikan untuk segera menyelesaikannya dengan memberikan solusi. Setelah pembeli menyelesaikan pesanannya, kamu juga bisa melakukan follow up melalui fitur chat.
Sampaikanlah rasa terima kasih karena mereka sudah berbelanja. Kemudian, mintalah pembeli untuk memberikan ulasan sehingga toko online kamu terlihat lebih kredibel. Tidak hanya membuat toko online kamu lebih tepercaya, ulasan dari pelanggan yang sudah pernah membeli ini akan membantu pelanggan baru lainnya. Mereka pun akan lebih yakin untuk melakukan pembelian di toko online kamu karena sudah mengetahui pendapat dari pelanggan lain.
Shopee menyediakan kolom ulasan pelanggan yang disertai dengan foto dan video pemakaian produk.

Leave a Comment